Senin, 03 Desember 2012

psikologi pendidikan

KATA PENGANTAR

Dengan rahmat Tuhan YME, saya panjatkan syukur yang sebesar-besarnya atas semua anugerah yang diberikan kepada kita sehingga saya dapat mempersiapkan, menyusun, dan mengerjakan tugas penyusunan makalah. Dan saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya, yaitu:

1. Dr. - M.pd selaku dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan
2. Sumarni Selaku guru di sekolah PAUD KELADI di dusun manggong, kepuharjo,  
   cangkringan, sleman
3. Semua pihak yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini.

Demikian makalah ini saya buat dengan harapan agar dapat dimanfaatkan oleh pembaca. Apabila ada kesalahan dalam penyusunan dan penulisan makalah, saya selaku penyusun mohan maaf.

                                                                                                 Yogyakarta,   



                                                                                                  Penyusun



HASIL OBSERVASI

A. Waktu dan Tempat
      Observasi ini saya lakukan disebuah organisasi pendidikan PAUD KELADI yang berada didusun Manggong, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Observasi ini bertujuan untuk mengetahui prinsip-prinsip belajar apa saja yang digunakan dalam PAUD tersebut

      Waktu pelaksanaan observasi yaitu pada hari minggu 27 Desember 2009 pukul 15.00-17.00 WIB dengan obyek observasi anak-anak usia 0-6 tahun yang sedang melakukan kegiatan bimbingan belajar

B. Prinsip Belajar Yang di Gunakan

      Sesuai dengan observasi yang saya lakukan dapat saya simpulkan beberapa prinsip belajar yang digunakan yaitu:
1. Belajar Aktif
       Dalam prinsip ini penerapannya yaitu anak-anak diberi kebebasan untuk memilih apa yang ingin dilakukan pada hari itu, ada beberapa pilihan yang diberikan yaitu menggambar, menyanyi, dan mengenal huruf atau angka.

2. Belajar Bersosialisasi
       Belajar bersosialisasi ini terlihat ketika anak-anak saling meminjamkan pensil pewarna dan alat tulis lainnya kepada teman lain yang tidak memiliki. serta mau bergantian ketika bermain.

3. Belajar Kognitif
       Anak –anak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang di inginkan oleh anak-anak, apakah mereka ingin bermain atau belajar, dalam hal ini guru hanya mengawasi apa yang dilakukan anak-anak.


PENUTUP

A. Kesimpulan
       PAUD keladi menggunakan 3 prinsip belajar yaitu belajar aktif, belajar bersosialisasi dan belajar kognitif, diantara ketiga prinsip tersebut prinsip yang paling sering digunakan yaitu prinsip belajar aktif, hal ini karena prinsip belajar aktif sangat baik untuk perkembangn daya fikir anak.

B. Saran
       Masih banyak alat-alat belajar yang belum di sediakan sehingga proses belajar    berjalan kurang lancar, ada baiknya kekurangan tersebut segera dicukupi sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lancar

Tidak ada komentar: